Ingin Petik Jambu Air di Kebun? Datang Aja di Kebun Jambu Air Banaran Sambungmacan Sragen

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sempat viral di tahun 2020 lalu, destinasi wisata alam kebun jambu air di Dukuh Sumberagung, Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, kini mulai kembali di buka untuk masyarakat umum.

Kebun jambu milik Widodo (40) ini menawarkan beberapa jenis jambu air seperti jambu air madu deli hijau, jambu air dalhari dan jenis Taiwan super green yang tumbuh lebab dan buahnya banyak di atas lahan seluas 7000 meter yang terbagi dua petak dan terdapat 1.000 pohon jambu air.

Ditemui di lokasi kebun jambu, Widodo menyampaikan bahwa saat ini kebun jambu miliknya sudah siap panen dan siap dikunjungi masyarakat luas. “Iya sudah mulai panen, silahkan bagi para pengunjung yang ingin rekreasi keluarga ini bisa jadi salah satu alternatif untuk wisata keluarga berkunjung ke kebun jambu air banaran,” kata Widodo, Kamis 28 Oktober 2021.

Selain itu, mas Wid nama akrabnya juga menyampaikan bahwa kondisi buah di tahun ini tidak seperti tahun tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan karena pada saat musim panen cuaca kurang bersahabat dan beberapa buah juga mengalami serangan hama.

“Sebenarnya budidaya jambu air itu sangat menarik untuk dilakukan, namun pada saat musim hujan seperti ini ada kendala di lalat buah itu cukup jadi salah satu hama yang sulit dikendalikan, namun kami juga memberikan antisipasi dengan memberikan lem lalat buah dan masalah musim hujan tentu ada kendala di pemasaran,” jelasnya.

Widodo berharap dengan dibuka langsung kunjungan wisata ke kebun jambu ini akan membantu penjualan dan pengunjung bisa menikmati suasana alam dan wisata petik buah jambu langsung maupun foto selvie di lokasi kebun jambu.

“Iya silahkan datang rekreasi bersama keluarga bisa petik buah sendiri dan foto selfie disini atau makan sepuasnya,” bebernya

Beberapakali Widodo juga mengatakan saking ramainya pengunjung dari dalam kota Sragen maupun luar kota Sragen, pihaknya sampai tidak sempat menjual buah secara langsung ke luar kota. “Iya karena dulu itu pengunjung rumayan banyak dan belum kirim ke luar Sragen karena kemarin buah jambu banyak habis disini langsung dari penjung dari kota sragen maupun luar kota sragen,” ujarnya.

Sementara itu, Dwi prihatin salah pengunjung asal Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen kebetulan datang di lokasi kebun jambu merasa terkejut dan senang pasalnya bisa menikmati suasana alam dan petik jambu langsung.

“Iya seneng sekali tidak sia-sia jauh jauh datang kesini, ini bisa petik buah langsung dan makan buahnya disini, ini buah ya manis dan enak rencana juga mau petik untuk dibawa pulang juga,”jelasnya. Tambahan, kebun jambu air Banaran Sragen juga menyediakan bibit buah jambu. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *