Foto-Foto Petani Tanam Padi Hujan-Hujanan Di Sragen

SRAGEN TEPIANINDONESIA.COM – Viral Puan Maharani tanam padi hujan-hujanan di Yogyakarta (DIY) pada Kamis (11/10/2021) lalu ramai jadi perbincangan,
bukan soal kegiatan Puan membantu petani yang menanam padi, kegiatan tanam padi di tengah hujan menjadi topiknya.

Kerelaaan Puan berhujan-hujan demi ikut nanam padi bersama petani dinilai terlalu aneh
Tak hanya warga net, bahkan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun ikut-ikutan terpancing mengomentari berita soal Ketua DPR RI Puan Maharani menanam padi bersama petani saat hujan.

Ternyata eh ternyata, menanam padi pada saat hujan hujanan rupanya juga sering dilakukan oleh sejumlah petani atau buruh tandur di sejumlah daerah, salah satunya para buruh tandur dari group Guyub Rukun Tani Makmur asal Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Pemandangan buruh tandur tanam padi hujan-hujanan tersebut terjadi di pinggir jalan raya Gabugan-Sumberlawang atau di kampung Karang Kulon, Gading, Tanon, Sragen pada Sabtu 13 November 2021 sore.
Para buruh tandur tersebut terdiri dari Lasmi, Wiyadi, Narti, bu Joko, make Tiyah dan lainnya.

Pada Tepianindonesia.com, Lasmi (50) mengatakan tanam padi saat hujan hujan sudah sering dilakukan ketika musim tanam padi tiba.

,”Iya mas sudah terbiasa tanam padi pas hujan hujan seperti ini, biasanya kita pakai mantol plastik kalau pas hujan turun seperti ini,” kata Lasmi

Selain itu, para buruh tandur yang terdiri dari 8 orang tersebut memulai aktivitas pekerjaannya sejak pukul 03:00 pagi atau habis sholat subuh.

,”Iya kalau berangkat jam 3 kadang juga habis sholat subuh mas, kalau saya dah biasa seperti ini tandur hujan hujanan karena sudah sanggup menerima pekerjaan ini,” bebernya.

Ditanya soal tanam padi hujan-hujan, menurut Lasmi sudah wajar dan terbiasa dilakukan oleh sejumlah petani maupun buruh tandur,”Iya kalau di kampung apa lagi di sragen ini tanam padi pas hujan-hujan udah biasa mas gak ada masalah dah dari dulu kalau tanam padi kehujanan seperti ini dah biasa, apa lagi kalau belum selesai udah hujan ya kita tetap kerjakan, yang penting gak banyak petir,” ujarnya.

Berikut ini foto-foto petani Sragen tanam padi hujan-hujanan di Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

(Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *