Rakor Koordinator Kecamatan Pendamping Desa Boyolali Eksplore Desa Wisata Gentong Kencono Gladagsari

TEPIANINDONESIA.COM-Destinasi wisata kekinian sudah tidak lagi didominasi wilayah perkotaan. Jika dieksplore, wilayah pedesaan pun sudah cukup banyak kawasan wisata. Seperti Desa Wisata di Desa Kali Gentong Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, ini.

Objek wisatanya yang nyaman nan asri, menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun nasional. Fasilitas yang lengkap bisa dijadikan tempat rapat, arisan, hingga reuni.

“Saya kira ini menarik untuk dikembangkan di desa-desa lainnya. Karena inovasi yang sesungguhnya itu banyak digali di pedesaan,” ungkap Koordinator Kabupaten (Korkab) Pendamping Desa Kabupaten Boyolali Alif Basuki, di sela Rapat Koordinasi (Rakor) Koordinator Kecamatan (Korcam) se-Kabupaten Boyolali, Kamis 3 Januari 2022.

Rapat koordinasi tersebut dilakukan untuk mematangkan konsep pendampingan desa. Yakni mengevaluasi pendampingan pada tahun sebelumnya (2021) dan merencanakan konsep tahun berikutnya (2022). “Setiap rakor pendampingan kita upayakan berbasis desa, sehingga bisa sekaligus mengeksplore potensi desa yang ditempati untuk rakor,” katanya.

Dikatakan, Desa Wisata Gentong Kencoco di Desa Kali Gentong, Kecamatan Gladagsari ini sangat bisa menarik pengunjung. Sebab, fasilitasnya sudah cukup lengkap, seperti pendapa, gasebo-gasebo untuk bersantai ria, kolam renang, spot selfie dan lain sebagainya. Fasilitas untuk parkir kendaraannya cukup lengkap, sehingga bisa untuk berbagai acara.

Sementara itu, Korcam Pendamping Desa Kecamatan Gladagsari Doni Bagus Iskandar menambahkan, masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola desa wisata. Namun, momen pandemi tersebut menjadi pemantik pengelola untuk berinovasi. Yakni dengan mengikuti berbagai perlombaan.

“Lomba terakhir mengikuti event Disporapar Jateng terkait pembukaan Desa Wisata. Lomba menggunakan media video tersebut berhasil mendapat juara harapan 2,” terangnya.

Peran pendamping desa dalam pengembangan Desa Wisata Gentong Kencono tersebut, lanjut dia, mendampingi penyusunan persyaratan legalitas Desa Wisata. Pada tahun 2020 sudah terbit surat keputusan (SK) Bupati Boyolali untuk Gentong Kencono mendapat predikat Desa Wisata Kategori Rintisan. “Selain itu kami terus memotivasi desa untuk mengikuti berbagai event perlombaan,” kata Doni. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.