Pengelola Objek Wisata Air Panas Bayanan Sragen Jawa Tengah Pasang Papan Tarif Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan, Ini Alasannya

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Pengelola objek wisata Air Panas Bayanan, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Jawa Tengah memasang papan tarif tiket masuk dan parkir kendaraan. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan kepastian kepada pengunjung. Sebab, objek wisata rawan permainan tarif.

Pantauan di lapangan, terpasang papan tarif MMT yang bertuliskan “Obyek Wisata Bayanan Retribusi Masuk Berdasarkan Perda No 12 Tahun 2019, tiket masuk hari biasa Rp 5.000, hari libur Rp 6.000, parkir kendaraan sepeda Rp 1000, sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 3.000, bus Rp 5.000, DISPORA SRAGEN”.

Tarif tiket masuk dan parkir kendaraan itu terpasang di pos penjagaan parkir kendaraan atau di depan pintu masuk wisata. Pada wartawan, Warseno, selaku tenaga harian lepas (THL) Dispora Sragen menyampaikan, papan tarif masuk dan parkir kendaraan sudah dipasang seminggu yang lalu.

“Iya dipasang sudah satu minggu. Dipasang sebelumnya untuk menghindari kejadian tarif tak sesuai peraturan,”kata penanggung jawab tempat parkir ini Sabtu 12 Februari 2022.

Selain itu, Warseno juga membeberkan pemasangan MMT sebagai antisipasi dan perintah dari kepala dinas. “Ini antisipasi dulu dari pada nanti kadang ada orang komplen mas, masak mobil ditarik Rp 5.000 padahal kenyataannya Rp 3.000,” bebernya.

Terpisah, Eni (47), salah satu pengujung wisata air panas Bayanan asal Desa Karanganyar, Sambungmacan, Sragen mengatakan bahwa tiket masuk dan tarif parkir kendaraan masih terbilang terjangkau. “Iya masih standar biasa lima ribu satu orang dewasa, anak-anak nggak ditarik sih tadi. Kalau kendaraan tadi belum bayar tapi tadi ada tulisan dua ribu untuk sepeda motor,” terangnya.

Menurut Eni harga yang ditawarkan di obyek wisata Bayanan masih terjankau dan ekonomis untuk wisata keluarga. “Iya masih ekonomis mas wisata kesini, terus untuk kondisi terkini wisata bayanan setelah direnovasi rumayan nyaman,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.