Habib Syech Tanam Pohon Buah di Desa Bedoro Sragen Jawa Tengah, Ini Sumber Bantuannya

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf tanam pohon buah di Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Minggu 13 Februari 2022. Bibit pohon tersebut merupakan bantuan dari anggota MPR RI.

Bantuan bibit pohon buah di antaranya pohon sawo, jambu air, jeruk bali, alpukat, kelengkeng dan belimbing. Total bantuan 2.700 batang, kemudian ditanam di sepanjang jalan Desa Bedoro. “Semoga bermanfaat,” katanya, di sela penanaman pohon bersama warga.

Pihaknya hanya menyalurkan bantuan bibit pohon ini. Sumber bantuan dari Lestari, Wakil Ketua MPR RI. Ketika hadir acara shalawatan di Solo, Lestari diutus Surya Paloh. “Ada Bu Eva juga dari Nasdem di Solo, tapi ini kita tidak ada hubungan sama sekali dengan politik,” tandas Habib Syech.

Ketika bersama wartawan, Habib Syech mengatakan tidak suka mencampur-baurkan politik dengan agama. Namun siapa pun yang datang diterima karena mereka adalah tamu. “Saya yakin tamu adalah orang baik. Kehadiran mereka di tempat kami membawa bibit sekitar lima ribu bibit dan Alhamdulillah sudah kami bagi sebagian di Solo dan sebagian besar di Sragen,” kata Habib Syech.

Alasan Habib Syech memilih kota Sragen sebagai penerima bibit buah yakni wujud kecintaan dirinya pada Bumi Sukowati. “Memang saya pilih Sragen di Desa Bedoro karena saya sangat kenal sekali dengan Lurah Pri Hartono dan Alhamdulillah saya juga sangat kenal sekali dengan bupati dan wakil bupati Sragen dengan masyarakat,” bebernya.

Habib Syech menceritakan awal mula dakwah sejak tahun 2000-an dan Kota Sragen menjadi bagian dari dakwahnya. “Saya pertama dakwah itu tahun 2001 itu sudah di Sragen. Makanya saya juga wajib memikirkan Kota Sragen,” tuturnya.

Ditanya soal peran ulama melakukan kelestarian lingkungan melalui syiar agama ia sangat setuju, menurutnya hal itu wajib dilakukan. “Itu wajib, saya bukan ulama saya hanya menyampaikan saja jadi setiap tokoh dan ulama terutama orang orang yang tahu tentang agama dia pasti akan peduli dengan lingkungannya,” tegas dia.

Terpisah, Kepala Desa Bedoro Pri Hartono pada wartawan mengatakan, ia mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya pada Habib Syech yang telah peduli dengan Sragen. “Alhamdulillah berkat beliau Habib Syech dan pemerintah kabupaten Sragen, kemarin mendapat bibit buah sekitar dua ribuan bibit,” jelasnya.

Dengan dilakukannya penanaman pohon buah di desa Bedoro nantinya akan menjadi desa wisata buah di sepanjang jalan desa. “Iya itu sekaligus juga pendamping desa wisata kemarin, selain itu nanti insyaallah juga jadi wisata buah sepanjang jalan sedesa bedoro,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.