PEKAN SENI PELAJAR SRAGEN: Ratusan Pelajar SMAN 1 Sumberlawang Menari Wanoro Berjamaah di New Gunung Kemukus

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sebanyak 288 siswa SMAN 1 Sumberlawang, Sragen, mengikuti acara pekan seni pelajar Kabupaten Sragen 2022. Mereka ramai-ramai melakukan tarian wanoro di area New Gunung Kemukus, pada Jumat 25 Maret 2022.

Dalam kegiatan tersebut, 288 siswa nampak berjejer rapi dan memenuhi sepanjang jalan obyek wisata new kemukus, dengan trampil para siswa melakukan tarian berama sama dan kompak serta memakai kaos putih motif warna warni.

Pada wartawan, Suranti Tri Umiatsih mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu projek pameran pentas yang digelar di New Gunung Kemukus.

“Iya mendapatkan kesempatan di new kemukus ini, anak anak bisa ekspresikan hasil belajarnya dari sekolah pengerak, anak anak melakukan flash mop tarian wanoro secara bersama-sama dengan bapak ibu guru dan pembimbing,” kata Suranti, Rabu 30 Maret 2022.

Selain itu, menurut Suranti kegiatan yang dilakukan di sepanjang area new kemukus tersebut juga sebagai bentuk mengenalkan obyek new kemukus sebagai wisata keluarga dan wisata kebangaan sragen agar lebih luas lagi.

“Ini salah satu upaya mengenalkan new gunung kemukus, sebenarnya kita sudah kita kenalkan sejak anak anak masuk di SMA Negeri 1 Sumberlawang, kita sudah kenalkan gunung kemukus melalui projek kurikuler yaitu keahripan lokal, meraka kita ajak kesini untuk mengenal cerita pangeran Samudro yang sebenarnya seperti apa, sehingga stikma setikma negatif yang kemarin itu berkembang mereka lebih paham dan bisa meluruskan stekma negatif dan kembali memunculkan new kemukus jadi obyek wisata keluarga yang nanti bisa berkembang,” bebernya.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Sragen, Suwardi diacara pagelaran seni pelajar sragen 2022 di New Gunung Kemukus menyampaikan bahwa acara kesenian pelajar dilakukan setiap tahun, akan tetapi 2 tahun terakhir tidak dilakukan karena pandemi Covid 19.

“Allhamdulilah, perkembangan sudah mulai landai sehingga kegiatan bisa dilakukan bersama, terus jadi pertanyaan kenapa acara ini di gunung kemukus, saya infokan ini ngiras irus promosi budaya, promosi tempat wisata, dengan ini new kemukus sudah beda dengan tahun tahun sebelumnya, ini sudah dibentuk dengan baik, nanti bapak ibu wisata tidak usah kemana mana cukup rekreasi ke new kemukus ini saja,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.