INOVASI DESA: Desa Catur Sambi Boyolali Wujudkan Mimpi Bangun Rumah UMKM “Caturan Kopi”

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggeliat di pedesaan. Seperti halnya mimpi Desa Catur, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali ini. Yakni membangun rumah UMKM yang diberi nama “Caturan Kopi”.

Pembangunan tersebut diawali dengan penurunan dan pembongkaran rumah yang akan didirikan untuk rumah UMKM. Kemudian dilanjutkan kirab yang dimulai pukul 13.30 WIB, Kamis 14 Juli 2022. Peserta kirab berjalan kaki sekitar 500 meter menuju tempat pendirian bangunan Caturan Kopi.

Acara kirab dihadiri Camat Sambi Sadeli, S.Sos., M.Si, babinkamtibmas, babinsa, seluruh perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat se Desa Catur. Pada acara ini penyerahan prosesi penyerahan ubo rampe pembangunan dari tokoh masyarakat Samsuri kepada wakil pelaksana kegiatan Subakir. “Rumah UMKM Desa Catur ini harus mendapat dukungan dari semua pihak,” terangnya dalam sambutan.

Inovasi untuk penggerak UMKM Desa Catur ini cukup menari perhatian. Sebab, dilihat dari gambar teknis, bangunan Caturan Kopi ini berbentuk rumah limasan mengedepankan adat Jawa. Lantas letaknya di tengah persawahan banyak pemandangan alam yang cukup indah.

Sementara itu, Kepala Desa Catur Dra. Nunik S. Rahayu, M.Pd menjelaskan, tujuan didirikannya Caturan Kopi untuk mewujudkan Desa Catur menjadi desa wisata dengan pengembangan potensi lokal yang ada. Sedangkan bangunan Caturan Kopi yang berbentuk limasan adalah rumah bagi UMKM se-Desa Catur dikembangkan berbarengan dengan pengembangan Umbul Siraman desa setempat.

“Harapannya proses pembangunan diberi kelancaran dan keselamatan dari awal sampai akhir. Setelah berdiri menjadi rumah baru bagi UMKM se-Desa Catur untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,” ujarnya.

Ke depannya, diharapkan dapat mengangkat perekonomian warga dan berkontribudi peningkatan PAD Desa Catur. “Diharapkan menambah PAD karena yang pengoperasionalkan kegiatan ini dikelola oleh BUMDesa Desa Catur,” jelasnya.

Pembangunan ini direncanakan selesai pada Oktober 2022. Kemudian dapat dioperasionalkan dengan menyajikan kuliner dan produk UMKM. Inovasi ini pun mengangkat semboyan “Dari Desa Catur, Oleh Masyarakat Desa Catur untuk Dunia”. (Awan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.