Bupati Yuni Lantik Mabiran dan Mabigus Kwarcab Sragen, Ini Yang Dijanjikan untuk Pramuka Sragen

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sragen melantik Majelis Pembimbing Kwartir Ranting (Mabiran) dan ratusan Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus) Selasa 15 November 2022.

Pengukuhan dilangsungkan di Gedung Kartini. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sragen menjanjikan tambahan anggaran untuk Gerakan Pramuka di Sragen.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat pengukuhan ketua mabiran Mabigus menyampaikan apresiasi pada gerakan pramuka Sragen. “Saya ingin memberikan anggaran yang lebih untuk pramuka, Karena Pramuka itu bisa menjawab tantangan generasi sekarang ini,” ujar Bupati.

Dia menuturkan kegiatan pramuka sangat positif. Lantas sekarang harus wajib diikuti semua siswa. Pramuka bukan hanya menjadi ekskul pilihan, tetapi menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib dan memang harus diikuti.

Dia menyampaikan dengan pendidikan kepramukaan ini bisa membentuk karakter anak-anak. Kedepan mereka berperan untuk menjaga bangsa ini.

Terkait anggaran, Pada APBD penetapan 2023 sudah dialokasikan Rp500 juta untuk gerakan pramuka. Lantas rencana di APBD perubahan 2023, Bupati menjanjikan Rp700 juta sampai Rp1 miliar. “Anggaran penetapan saya kemarin menganggarkan Rp 500 juta nanti di anggaran perubahan saya akan tambah semaksimal mungkin apalagi untuk anak-anak tidak ada yang tidak ada yang sia-sia tambah Rp 700 juta sampai Rp 1 miliar, ujar dia.

Sementara, Ketua Kwarcab Sragen Suwardi menyampaikan Mabiran untuk camat dan Mabigus kepala sekolah. Total ada 686 orang yang dikukuhkan pada kesempatan ini. “Tugasnya membimbing kegiatan dan membantu kegiatan mensuport kegiatan di masing-masing tingkatan,” ungkapnya.

Perihal tambahan anggaran, Suwardi menyampaikan sudah perencanaan selama satu tahun. Dalam perencanaan Kegiatan kemungkinan besar disetujui adalah upacara hari Pramuka di Sragen. Namun anggaran Rp 500 juta dinilainya belum ideal.

“Belum, idealnya ya Rp miliar karena memang jangkauan kita banyak sekali. Kita tidak hanya SD tapi semua lapisan SMP SMA SMK termasuk Pramuka dewasa yang ada di dinas. Jumlahnya mencapai 90 ribu anggota,” tandasnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *