PENEGAKAN KETERTIBAN: Petugas Subdenpom Purworejo Periksa Ratusan Kendaraan TNI Kodim Purworejo

TEPIANINDONESIA.COM-PURWOREJO-Petugas Sub Detasemen Polisi Militer (Subdenpom) Purworejo, memeriksa ratusan kendaraan bermotor milik anggota TNI Kodim 0708 Purworejo, Senin 24 Februari 2020. Pelaksanaan pemeriksaan dilakukan usai upacara bendera di halaman Makodim setempat.

Pemeriksaan dilakukan dalam rangka Penegakan Ketertiban (Gaktib) dalam Satuan dengan maksud untuk mengetahui kelengkapan kendaraan bermotor milik anggota serta upaya pembinaan ketertiban berlalulintas.

Menurut Komandan Subdenpom IV/2-2 Purworejo Kapten CPM Rusmanaji, pemeriksaan sejumlah kendaraan tersebut meliputi kendaraan dinas maupun kendaraan non dinas yang dikendarai oleh anggota TNI. 

“Sekitar 103 Sepeda motor dinas dan 10 unit kendaraan roda 4 dinas, 123 Sepeda motor pribadi dn 6 unit kendaraan roda 4 pribadi menjalani pemeriksaan baik kelengkapan administrasi maupun kelengkapan sarana prasarana kendaraan seperti helm, listing, lampu dan lain-lain. Jadi, jangan sampai ada yang kurang atau mati,” katanya. 

Lanjut Kapten Cpm Rusmanaji, selain upaya pembinaan, pemeriksaan ini juga bertujuan untuk membantu anggota melengkapi surat-surat kendaraannya.

“Apabila diketemukan ada SIM TNI atau Umum yang mati ataupun STNK yang sudah mati maka akan dicatat dan dibantu penyelesaiannya, jadi ini sifatnya tindakan antisipatif bukan tindakan hukum karena ini bukan operasi lalu lintas tetapi bersifat pemeriksaan saja,” tegas Kapten Cpm Rusmanaji .

Dirinya juga menghimbau kepada anggota TNI Kodim 0708, apa bila ada kegiatan Gaktib di luar anggota tidak usah kabur, “Hadapi aja kami, jangan takut, kita menjaga jangan sampai terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian,” ujarnya.
Karena pelanggaran pidana yang ancaman hanya dengan denda dn telah dibayar maksimum dendanya terhadap tersangka tidak dijatuhi Hukuman Disiplin Prajurit/catatan administrasi sesuai dengan pasal 55 UU RI nomor 25 tahun 2014 ttg Hukum Disiplin Militer

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 0708 Purworejo, Kapten Inf Muhtafin Soleh mengatakan bahwa temuan dari kegiatan Gaktib ini akan ditindaklanjuti. Anggota yang terungkap melakukan pelanggaran akan diberi waktu seminggu untuk melengkapinya.

“Dalam waktu satu minggu ke depan akan kita monitor guna memastikan bahwa tidak ada lagi anggota TNI yang melakukan pelanggaran baik secara administrasi maupun kelayakan kendaraan. Untuk pemegang kendaraan dinas akan kita tarik dulu sampai yang bersangkutan melengkapi kekurangannya,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan Gaktib ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan satu tahun tiga kali. Salah satunya difasilitasi oleh Denpom. “Dua kegiatan Gaktib kita laksanakan mandiri tidak hanya terpusat di lingkungan Kodim tapi juga sampai ke Koramil-koramil,” katanya. (wan)