Dipimpin Kapten Cpm Rusmanaji, Satuan Polisi Militer Subdenpom Purworejo Gelar Gaktib di Markas Kodim Kebumen

TEPIANINDONESIA.COM-PURWOREJO-Satuan Polisi Militer Subdenpom Purworejo kembali menggelar penegakan ketertiban (gaktib) dalam satuan Senin 2 Maret 2020. Kegiatan yang dipimpin Kapten Cpm Rusmanaji, Dansubdenpom IV/2-2 Purworejo ini digelar di Markas Kodim 0709/Kebumen.

Gaktib dalam Satuan dengan sasaran pemerikasan surat-surat nyata diri prajurit serta kelengkapan surat kendaraan dinas atau pribadi. Gaktib digelar dalam rangka giat Ops Gaktib Polisi Militer “WASPADA WIRA KERIS” TA. 2020.

Bahwa untuk diketahui pada hari Jumat tgl 14 Februari 2020 telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer Ta. 2020 di seluruh Kotama. Temasuk di Kodam IV/Dip yang dibuka oleh Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa S.E.,MM (Kasdam IV/Diponegoro) bertempat di lapangan Mapomdam IV/Diponegoro.

“Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh jajaran Polisi Militer Kodam IV/Dip melaksanakan Sosialiasi dan dilanjutkan Gaktib dalam Satuan dengan sasaran kelengkapan surat surat Nyata diri Prajurit dn kelengkapan kendaraan baik Pribadi/Dinas,” terang Kapten Cpm Rusmanaji.

Dijelaskan bahwa pelaksanaan gaktib dalam satuan ini sifatnya hanya preventif/pencegahan. Jika ada pelanggaran hanya dicatat, tidak ada penilangan dan mengedepankan Provos Satuan untuk melaksanakan pemeriksaan. “Bagi prajurit yang kedapatan tidak lengkap dicatat dan akan segera ditindaklanjuti dengan diberikan batas waktu untuk melengkapi,” tegasnya.

Hal ini mengingat untuk dua minggu ke depan, Polisi Militer Subdenpom IV/2-2 Purworejo akan mengadakan gaktib di luar markas. Jika ada prajurit yang kedapatan melanggar akan langsung ditilang. “Selanjutnya diajukan ke Odmil untuk disidangkan dengan membayar “denda”,” jelas dia.

Sesuai dengan Undang Undang RI Nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer Pasal 55 Terhadap suatu Pelanggaran pidana. Pelanggar hanya diancam dengan pidana denda dan telah dibayar maksimum dendanya, terhadap tersangka tidak dijatuhi hukuman disiplin prajurit.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh anggota Personel Kodim 0709/Kebumen, apabila Polisi Militer melaksanakan kegiatan Pos Gak/Rik Lalin anggota tidak usah takut dan kabur. “Hadapi saja kami. Jangan sampai kabur ,terus terjadi kecelakaan yang dapat mengakibatkan kerugian personel,” ujarnya. (wan)