BPSDMD Jateng Selenggarakan Pelatihan Teknis Kearsipan di Pemkab Boyolali

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Guna mewujudkan pengelolaan kearsipan yang berjalan baik sesuai dengan Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menyelenggarakan pelatihan teknis kearsipan.

Pelatihan yang dilaksanakan di aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kabupaten Boyolali dimulai pada Senin 9 Maret 2020 ini akan berakhir hingga Rabu 18 Maret 2020. Diikuti sejumlah 36 orang peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini akan diberi bekal mengenai wawasan kearsipan. Selain diberi teori, peserta juga akan diajak untuk observasi lapangan ke tempat yang sudah ditentukan.

Kasubbid Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, Tony Agus Budianto menilai pelaksanaan pelatihan kearsipan dinilai penting dan berniai strategis.

“Jadi kearsipan merupakan sebuah pekerjaan besar, sebuah pekerjaan strategis yang harus dilakukan dengan serius. Sehingga harus diikuti dengan pemahanan aturan yang benar,” ungkap Tony.

Hal tersebut dikarenakan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayan publik perlu memiliki kompetensi dalam hal kearsipan.

“Dengan kemampuan keterampilan yang dibarengi dengan pengelolaan secara profesional, maka secara langsung akan diikuti dengan sikap positif, berintergritas, tertib, teliti dan cermat oleh para pengelola kearsipan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri yang juga hadir. Dengan pengelolaan arsip yang baik, OPD Kabupaten Boyolali diyakini dapat melayani masyarakat dengan maksimal.

“Arsip itu sangat penting. Adanya pengelolaan kearsipan yang benar, maka arsip-arsip di Kabupaten Boyolali bisa tertata dengan baik, rapi, mudah dan cepat dibutuhkan sewaktu waktu,” pungkas Sekda Masruri. (wan)