Mbah Suwardi, Warga Karangmalang Sragen Gelar Ritual di Alun-Alun Sasono Langen Putro di Tengah Wabah Covid-19, Ini Harapannya

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Keperihatinan terhadap wabah virus corona atau Covid-19 dirasakan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan agar wabah ini segera berakhir yakni dengan menggelar doa. Salah satunya dengan ritual tradisional di Alun-Alun Sasono Langen Putro Sragen.

Mbah Suwardi, warga Ngablak, Karangmalang, Sragen, bersama rekannya Sukino, mengadakan ritual doa di tengah alun-alun Sragen Minggu 29 Maret 2020 siang. Di tengah terik matahari, lantaran saat itu sudah memasuki pukul 12.15 mereka khidmat berdoa di kelilingi 5 buah sapu lidi yang diberi bawang merah, lombok merah dan kunyit di ujungnya.

Suwardi menyampaikan ritual ini merupakan doa pada tuhan agar wabah virus corona segera lenyap. ”Agar warga Sragen lepas dari segala dari penyakit yang meresahkan. Semoga penyakit corona ini segera lenyap,” jelasnya.

Dia mengatakan memilih alun-alun Sragen lantaran merupakan pusat kota dan menjadi titik 0 kilometer Kabupaten Sragen. Dia menyampaikan dalam menjalankan ritual tadi menggunakan sodo lanang agar wabah virus corona segera lenyap. Dia melafalkan doa dengan bahasa Arab dan bahasa jawa dalam menjalankan ritual.

Dia berharap kondisi ekonomi dan kesejahteraan warga segera pulih seperti sedia kala. Karena saat ini kondisi benar-benar terpuruk. ”Ini peringatan pada semua manusia, supaya tidak berbuat jahat dan berbuat maksiat dan selalu eling pada Gusti Allah,” tandasnya. (reporter: Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *