Gunung Merapi Kembali Keluarkan Abu Vulkanis Setinggi 3.000 Meter, Situasi Wilayah Selo Boyolali Tetap Aman Terkendali

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Anggota jaga Polsek Selo Polres Boyolali menggelar patroli jalur Solo Selo Borobudur (SSB) dan ke pemukiman penduduk. Di tengah patroli tersebut, anggota polisi melihat Gunung Merapi kembali mengeluarkan abu vulkanis setinggi sekitar 3000 meter.

Abu vulkanis ini mengarah ke timur sekitar pukul 16.13 WIB. Selain itu, petugas jaga Polsek Selo juga memberi imbauan kepada warga masyarakat, terutama di daerah yang dekat dengan Gunung Merapi setelah adanya aktifitas erupsi tadi untuk tetap tenang dan tidak panik.

Tingkat aktivitas Gunung Merapi masih Waspada (level II). Jarak bahaya dalam radius 3 Km dari puncak Gunung Merapi. Jika terjadi hujan abu, masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik seperti yang BPPTKG sampaikan.

“Untuk sementara masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Merapi yaitu di Desa Samiran, Lencoh, Jrakah, Klakah dan Tlogolele masih melakukan aktivitas ke ladang maupun ladang seperti biasa dan adanya fenomena yang dianggap sudah biasa dengan tenang dan tidak ada tanda adanya kepanikan,” terang Kasubag Humas Polres Boyolali AKP Joko Widodo mewakili Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat, S.IK, SH.

Pada waktu patroli petugas mendapati banyak anak muda dan anak-anak justru malah menonton di sepanjang jalur jalan raya Solo Selo Borobudur wilayah Kecamatan Selo. Sehingga petugas Polsek Selo yang melihat kejadian tersebut mengimbau agar kewaspadaan tetap dijaga dan menyarankan agar segera pulang ke rumah untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan akibat dari Erupsi Gunung Merpi. (wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *