Kreatif…! Anak Muda Grobogan Jawa Tengah Ini Produksi Keripik Getas Josss Tembus Pasar Luar Jawa

TEPIANINDONESIA.COM-GROBOGAN-Kreativitas anak muda di Dusun Caluk, Desa Pojok, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, ini patut diacungi jempol. Sebab, membuka ruang unit usaha kecil dengan memproduksi keripik.

Produksinya itu dinamakan “KeripikGetasJoss”. Gagasan mendirikan usaha ini diawali dari kongkow ngopi bareng. “Akhirnya tercetuslah produksi keripik cita rasa khas ini,” kata Moch Alfi Chanif, inisiator KeripikGetasJos, dalam rilisnya Selasa 26 Mei 2020.

Di era milenial sekarang ini, mereka kaum muda Grobogan tidak mau berpangku tangan kepada orang tua. Terlebih kondisinya baru pandemi Covid-19. “Keripik GetasJoss ini untuk menambah penghasilan dan melatih kreativitas pemuda,” tandasnya.

Dia berharap dari kegiatan tersebut para pemuda desa bisa berkumpul untuk membangun desa. Selain itu dapat membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitar. “Selama ini kebanyakan pemuda merantau mengadu nasib di perantauan,” kata dia.

Maka munculah inisiatif bikin usaha keripik dengan harapan pemuda tetap di desa. Sehingga mampu mencari sedikit demi sedikit uang tanpa harus merantau.

“Pemuda yang masuk kelompok pembuatan keripik ini terhitung sangat menguras keringat. Kami butuh inovasi agar tetap bisa melanjutkan usaha keripik ini. Diharapkan tetap berjalan dan bahkan berkembang,” paparnya.

Produksi ini sudah dilakukan sebulan yang lalu. Hingga saat ini pihaknya sudah melakukan 10 kali produksi dengan catatan dikirim ke berbagai kota. “Pemesannya sudah lumayan. Dari Ciputat, Bogor, Karawang, Semarang dan pasar lokal di Grobogan,” jelas Alfi.

Setelah pasar luas, maka pihaknya bisa mengembangkan pasar ke luar Jawa. Yakni Palangkaraya, Kalimantan, Manado, Sulteng dan kota lainnya.

“Kami yakin ketika sudah besar produksinya, maka semua bisa diraih. Yang penting di rumah saja. Pemuda gak perlu merantau,” tegas sang inisiator. (wan)