FKIP dan PPs UMS Siapkan PMB Program Doktor Pendidikan

TEPIANINDONESIA.COM-PABELAN-Sejak tahun 2015 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui kolaborasi antara FKIP dengan PPs telah menyiapkan pendirian Prodi Penidikan Program Doktor (S3 Prodi Pendidikan).

“Usul lengkap dengan dukungan dosen berkualifikasi semuanya profesor, desain kurikulum, capaian pembelajaran lulusan progam doktor, dukungan sarpras sudah disiapkan secara sangat matang,” terang Ketua Tim dan Dekan FKIP UMS Harun Joko Prayitno, Sabtu 8 Agustus 2020.

Perjalanan panjang usul Prodi S3 Pendidikan yang diajukan sejak tahun 2015 tersebut, lanjuta dia, secara administrasi akademik sudah dinyatakan layak dari Kemendikbud. Kelayakannya sudah dilakukan visitasi lapangan pada 20 Juli 2020 secara daring oleh Tim pakar yang ditunjuk dari Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti, Tim Kelembagaan Ditjen Dikti, dan dari Tim LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah.

“Sambil menunggu diterbitkannya izin resmi Prodi S3 Pendidikan tersebut dari Kemdikbud, Tim Pemrakarsa dari FKIP dan PPs saat ini tengah mematangkan kurikulum yang berciri pedidikan unggul, profesional dan berkepribadian Islami, serta pendidikan yang tetap berhikmat untuk umat namun berciri inovasi sebagai inisiator penggerak pendidikan dalam konteks komunikasi dan kmunikasi global,” jelas Harun.

Program S3 Pendidikan ini direncanakan akan mulai menerima mahasiswa baru pada periode September 2020 atau mulai semester gasal 2020/2021. Seleksi dan penerimaan mahasiswa baru prodi S3 Pendidikan FKIP-PPS UMS ini diperkirakan sangat banyak peminatnya.

“Bahkan, saat prodi ini dipersiapkan peminat calon mahasiswa S3 Pendidikan ini sudah banyak yang menayakan dari berbagai sebaran daerah sejak dari Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Ambon, Irian Jaya, dll. Besarnya peminat calon mahasiswa S3 Pendidikan ini bisa dipahami karena dari 257 PTMA, 96 di antaranya memiliki FKIP atau STKIP,” jelasnya.

Program Studi S3 Pendidikan ini didesain dan berpendekatan riset yang berorientasi pada luaran publikasi internsioal bereputasi, HaKI, dan riset proyek pengembangan lembaga dan/atau kebijakan pendidikan. “Prodi S3 pendidikan ini langsung dikembangkan dengan kerja sama dari mitra fakultas pendidikan dari universitas mitra luar negeri seperti UPSI Malaysia, Fakulti Pendidikan UUM Malaysia, Fakultas Pendidikan Al Azhar Mesir, dan beberapa universitas mitra LN Philipina, Vietnam, Australia, Perancis, dan USA,” tandasnya. (wan)