Undang Bupati Yuni, Forum Komunikasi Perguruan Silat Sragen Sepakat Jaga Kondusivitas di Bulan Sura

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sejumlah pendekar dari berbagai perguruan di wilayah Kecamatan Jenar menggelar silahturahmi bersama Forkopimda Sragen dan pengurus Forum Komunikasi Perguruan Silat Sragen ( FKPSS ), Sabtu 8 Agustus 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Perwakilan perguruan silat yang hadir yakni PSHT, IKSPI, ASAD, TAPAK SUCI, dan PAGAR NUSA. Mereka melakukan tanda tangan kesepakatan bersama jelang kegiatan di bulan Sura.

Bupati Sragen menyampaikan sudah didatangi sejumlah perguruan silat di Sragen yang akan menggelar kegiatan pengukuhan warga baru di bulan Sura ini.

“Akan ada warga baru yang akan dikukuhkan. Bukan hanya seribu namun ada yang seribu lima ratus dan bahkan ada yang dua ribu yang akan mengadakan kegiatan besar dibulan suro nanti,” jelasnya.

Mbak Yuni juga menyampaikan, pihaknya selaku bupati dan ketua gugus tugas covid-19 memberikan izin. Namun pihaknya memberikan syarat untuk kegiatan tersebut.

“Sepanjang bisa mematuhi protokol kesehatan, kemudian yang dihadirkan harus disesuaikan dengan kapasitas gedung yang ada, saya pastikan izinkan ditambah semua harus bertanggung jawab kondusivitas yabg ada,” bebernya.

Di sela-sela acara, bupati pada awak media mengatakan, hingga saat ini perguruan silat yang sudah meminta izin ada beberapa. “PSHT 16, PSHT 17 dan Pagar Nusa, kita juga akan bagi beberapa kelompok kecil, satu tempat diisi sekitar 200 orang sehingga tidak terkumpul dan menjadi satu,” jelasnya.

Mbak Yuni juga berpesan selama pengesahan warga baru yang akan diadakan tepat di bulan Sura nanti, pihaknya menyampaikan untuk semua bisa menjadi bagian dari Sragen.

“Pesan saya, saya ingin semua bagian dari Sragen mencintai Sragen serta menjaga kondusifitas. Jangan sampai ada suatu hal yang kecil yang seharusnya bisa diselesaikan dengan duduk bersama menjadi percikan di Sragen apa lagi kita juga akan Pilkada,” ujarnya.

Terpisah, Kades Kandang Sapi Pandu mengapresiasi kunjungan bupati Sragen di wilayahnya. Menurutnya, dengan pertemuan ini mampu mempererat tali persaudaraan dan kondusivitas di wilayah Jenar.

“Alhamdulillah mendukung sekali program program dari pemerintah, saya senang sekali kandang sapi bisa dipilih ibu bupati untuk acara dan bisa mendukung kondisi keamanan di sragen,” jelasnya.

Dalam kegiatan tanda tangan bersama ini digelar di tiga lokasi yang berbeda di Kecamatan Jenar yakni di Desa Ngepringan, kantor Kecamatan serta di kantor desa Kandang Sapi. (reporter: Huriyanto)