Taman Budaya Jawa Tengah Kembali Mengadakan Pagelaran Seni Tradisi Bertajuk “Gatra Mutiara Jawa”

Surakarta- Taman Budaya Jawa Tengah kembali mengadakan pagelaran seni tradisi bertajuk “ Gatra Mutiara Jawa”. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 14 sampai dengan 18 september bertempat di Taman Budaya Jawa Tengah.

“Dalam hal ini maka Taman Budaya Jawa Tengah sebagai fasilitator, motivator, dan dinamisator. didukung dengan sumber daya berupa fasilitas, SDM (sumber daya manusia), dan anggaran, maka taman budaya jawa tengah mengadakan pagelaran seni tradisi jawa tengah. Dalam acara ini diharapkan mutiara yang hampir punah dapat tampil kembali, dan memiliki gatra”. Jelas Suparman selaku ketua pelaksana (14/09/2020).

Dalam pagelaran ini mereka menyajikan kegiatan utama berupa pagelaran seni tradisi dengan menggandeng 18 kelompok seni tradisi, 6 kelompok perupa dan 6 kelompok instalasi seni dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Selain pagelaran dan pameran, Taman Budaya Jawa Tengah juga menyelenggarakan workshop seni dengan menggandeng beberapa narasumber/pembicara dari pelaku seni.

Sumino selaku ketua Taman Budaya Jawa Tengah menambahkan seni tradisi yang akan ditonjolkan dalam acara ini, terutama kesenian rakyat. Taman budaya jawa tengah sebagai pemangku budaya mengharapkan kesenian rakyat dapat terus eksis, dan lestari.

Karena tanpa campur tangan kita sebagai lembaga struktural, dan kultural maka hal-hal tersebut tidak akan dapat terealisasi. Bagi masyarakat yang tidak dapat hadir dalam acara pagelaran untuk menonton secara langsung, pihak taman budaya jawa tengah juga menyediakan layanan live streaming di kanal youtube Taman Budaya Jawa tengah.

Hal ini untuk mempermudah masyarakat agar tetap bisa menikmati acara walau tidak secara langsung. (Kristiadi)