DPR RI Luluk Nur Hamidah Blusukan ke Desa-Desa Sragen, Tertarik Manisan Lidah Buaya Jambanan

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Kunjungan anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah Fraksi PKB blusukan ke desa-desa di Kabupaten Sragen Minggu 3 Januari 2021. Dia enyambangi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Karang Taruna Tunas Mekar Jaya di Dukuh Kwayon RT 20, Desa Jambanan, Kecamatan Sidoharjo.

Dalam acara bertema “Ngaji Tani Bareng Mbak Luluk” itu, ia menyampaikan, dorongan terhadap kelompok karang taruna dan kelompok wanita tani (KWT) untuk memberdayakan pekarangan dengan budidaya tanaman pangan.

“Seperti yang dilakukan Karang Taruna di Jambanan, Sidoharjo ini bagus. Selain memberdayakan tanaman sayuran dan buah, tadi saya lihat juga ada produk manisan lidah buaya. Saya berharap potensi pekarangan yang ada bisa dimaksimalkan. Nggak perlu lahan luas, kalau setiap pekarangan diberdayakan, nanti akan menciptakan ketahanan pangan keluarga, desa dan kecamatan,” jelasnya.

Legislator asal Dapil Sragen, Karanganyar, Wonogiri itu hadir didampingi Ketua Fraksi PKB DPRD Sragen, Fathurrohman.

Kades Jambanan, Sugino Welly mengatakan sebenarnya potensi pekarangan di wilayahnya cukup banyak dan mayoritas masih belum dimanfaatkan. Sejauh ini, memang baru Karang Taruna Tunas Mekarjaya yang berkreasi menciptakan pekarangan pangan lestari.

Saat ini P2L Karang Taruna itu sudah dijadikan percontohan dan diharapkan ke depan muncul kelompok-kelomook lain yang mengikuti jejak serupa.

“Kendalanya di pemahaman dan motivasi. Sebenarnya pekarangan di wilayah kami sangat banyak dan belum termanfaatkan. Ke depan nanti mudah-mudahan dengan ada pembinaan, akan berkembang,” terangnya. (reporter: Huriyanto)