Dishub Sragen Sosialisasikan Aplikasi Online untuk Masyarakat Melapor, Ini Dia Aplikasinya

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Tak mau kalah, di era serba online dan digital Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sragen perkenalkan inovasi terbaru berupa aplikasi Rabu 9 Juni 2021. Namanya “SIAP-LALIN” (Sistem Informasi Aduan dan Penanganan Kelalulintasan).

Aplikasi ini membantu masyarakat dalam menyampaikan laporan. Dishub Sragen berharap dengan launching aplikasi Siap Lalin, mampu mempermudah masyarakat melaporkan informasi di lapangan. Seperti pohon tumbang, listrik mati, lampu jalan mati dan lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Dishub Sragen Davit Hendrata menyampaikan, dengan membuat aplikasi tersebut mempermudah kinerja bidang lalu lintas. Diterangkan, membuat aplikasi ini untuk mendukung kinerja di lapangan.

“Selama ini kan laporan terkait masyarakat pelayanan yang tahu ngebel ke kantor. Orang yang nggak tahu lapornya ke kantor PU atau lingkungan hidup dan Perkim. Misal ada mati lampu masyarakat tahunya kan lapor ke PLN padahal PJU penerangan jalan umum sudah di Dishub. Maka dengan lewat aplikasi ini akan lebih mudah,” kata Davit, pada wartawan usai acara.

Sistem pengunaan Aplikasi SiapLalin yakni bagi penguna Handphone (HP) Android bisa meninstal di Play store dan isi data diri seperti nama dan nomor telpon atau email. Masyarakat tinggal klik aplikasi yang sudah di-download dari play store. Lantas foto dikirim lewat aplikasi tersebut nanti petugas sudah tahu titik koordinatnya.

“Kami juga ada tanda pelayanan langsung, sehingga bisa mengatasi. Setelah selesai, kami akan balik melaporkan hasil penanganan tersebut terhadap pelapor,” bebernya.

Ke depannya, menurut Davit, pihak Dishub Sragen juga bekerjasama dengan pihak kepolisian khususnya di Satlantas akan melakukan kegiatan penanganan bersama, selain itu juga akan dilanjutkan respon bersama.

“Nanti disitukan juga ada group pelaksana jalan, disitu dari PU, Dinas Perkim, LH, PLN, Telkom, Perhubungan disitu macam-macam terkait dengan listrik dan jalan, tentang pelaksanaan jalan atau apa-apa nah dari embio tersebut kita bisa mengedepankan lagi yaitu aplikasi yang mencakup semua misalkan dari penebangan pohon, mati lampu dan lainnya tapi itu perlu waktu yang panjang nanti bisa kita undang UPD terkait lewat forum lalu lintas, artinya nanti satu aplikasi untuk bersama ke depannya,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *