Peringati Bulan Bung Karno 2021, DPC PDIP Karanganyar Gelar Lomba Video Anak Muda

TEPIANINDONESIA.COM-KARANGANYAR-Menghormati dan menghargai pahlawan adalah tugas anak bangsa agar tak lupa akar sejarah. Bentuk penghargaan itu bisa diekspresikan berbagai ragam cara salah satunya adalah menggelar lomba video yang diselenggarakan oleh DPC PDIP Karanganyar.

Ada sekitar 50-an video pendek kreasi anak muda Karanganyar, berebut menjadi yang terbaik dalam Lomba Video Membaca Teks Proklamasi, yang digelar DPC PDI Perjuangan Karanganyar dalam rangka Bulan Bung Karno 2021.

Hasilnya, video karya RM Aldiano Dwie Kusumo keluar sebagai juara pertama. Video yang mengangkat tema Marhaenisme dan menonjolkan peran petani dalam menyangga pangan masyarakat, berhasil menyisihkan puluhan video lainnya.

Video yang digarap empat hari, mulai dari syuting hingga penyuntingan, lalu diunggah di akun Instagram kreatornya dan di-tag ke akun @pdiperjuangankaranganyar itu menggondol hadiah utama piala dan uang Rp 10 juta.

Hadiah diserahkan Selasa (29/6) malam di Sekretariat DPC PDIP Karanganyar, bersama pemenang juara kedua dan ketiga, serta tiga peraih juara harapan. Total hadiah yang diserahkan sebesar Rp 22,5 juta untuk enam pemenang.

“Videonya digarap empat orang tim kreatif. Idenya dimatangkan bersama. Kami ingin mengangkat tema Marhaenisme, yang merupakan ide pemikiran Bung Karno, dengan menonjolkan sisi pertanian di Karanganyar,” kata Aldiano, ditemui usai acara.

Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo mengapresiasi antusiasme peserta, yang telah berkreasi dengan idenya masing-masing dalam lomba kali ini.

“Lomba ini dalam rangka Bulan Bung Karno. Juni ini momentum lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945 yang merupakan hasil penggalian Bung Karno, 6 Juni 1901 adalah hari lahirnya Proklamator, juga wafatnya Putra Sang Fajar pada 21 Juni 1970,” tuturnya.

Lewat lomba tersebut, PDIP mengajak pemuda Karanganyar untuk menengok sejarah bangsa. “Agar pemuda tidak melupakan sejarah bangsanya sendiri. Jas merah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah,” ujarnya.

Menurutnya, kreasi video seluruh peserta patut diacungi jempol. “Peserta hebat-hebat. Juri sampai bingung menentukan mana yang terbaik,” tuturnya. (Sur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *