Geliat Usaha Warganya, Kepala Desa di Lereng Lawu Karanganyar Ini Upayakan Banpres BPUM

TEPIANINDONESIA.COM-KARANGANYAR-Sosok Sutarso atau lebih akrab dipanggil Kang Tarso adalah Kepala Desa Harjosari, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Langkanya yang selalu konsen untuk meningkatkan kemakmuran warganya mendapat apresiasi serta pujian warga. Pasalnya, Kang Tarso berhasil mengusahakan warga di Desa Harjosari mendapat Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (Banpres BPUM), sebesar Rp 1,2 juta per orang.

Kang Tarso bercerita, mewujudkan dana bantuan itu, didasari karena geliat usaha masyarakat di Desa Harjosari sangatlah bagus. Sehingga ia pun tergerak untuk mengajukan bantuan itu ke Kementerian Koperasi dan UMKM. Oleh Kang Tarso, proses pengajuan ke kementerian tersebut dilakukan bulan Mei 2021 lalu dan akhirnya cair pada bulan Agustus ini.

“Alhamdulillah Banpres BPUM cair. Saya mengusulkan itu untuk 292 calon penerima, sudah mulai cair diangka 30 persen, sisanya bertahap. Pencarian melalui Bank BRI, tanpa potongan,” ungkap Kang Tarso, saat ditemui wartawan, pada Jumat (13/08/2021).

Bermacam usaha pun ada di desa itu, duantaranya seperti toko kelontong, warung makan, penjahit, rosok, ternak kambing, jual online dan lain sebagainya yang bersifat usaha mikro.

Pria yang kini juga menjabat sebagi Ketua Papdesi Karanganyar itu berharap, bantuan itu bisa menambah modal bagi masyarakat yang memiliki usaha mikro, dan bisa mengatasi dampak PPKM.

“Terimakasih Pak Presiden telah menggulirkan bantuan BPUM sebesar satu juta dua ratus ribu rupiah per orang,” ungkapnya.

Sementara itu, Suparso, warga Dusun Pendem, Desa Harjosari mengaku sangat senang atas bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, bisa untuk menambah modal usaha warung kelontong di tengah kondisi yang sulit ini,” tutur Suparso.

Ungkapan senada juga disampaikan Triyanto, pelaku usaha service elektronik dari Dusun Pendem, Desa Harjosari. Dia merasa sangat terbantu, terlebih baru pertama kali ini ia mendapat bantuan.

“Kita sebagai warga sangat berterima kasih dan merasakan kiprahnya Pak Kades. Terima kasih Kang Tarso,” ucapnya. (Sur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *