Sosok KGPAA Mangkunegara IX di Mata Mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani, Ramah, Murah Senyum, Dekat Rakyat

TEPIANINDONESIA.COM-KARANGANYAR-Dua periode memimpin Kabupaten Karanganyar, membuat Rina Iriani lebih mengenal sosok KGPAA Mangkunegara IX.

Saat memimpin Karanganyar yang terletak di bawah Lereng Gunung Lawu ini, Rina sangat mengenal benar sosok penguasa Mangkunegaran itu. Pada awak media, Rina mengenal sosok Gusti Djiwo – biasa disapa – merupakan sosok yang ramah, murah senyum dan mau turun ke bawah, sehingga dekat rakyat.

“Beliau Raja yang sangat luar biasa dan mau menerima siapa saja. Bisa berbaur dengan masyarakat bukan hanya di lingkungan kraton (para abdi dalem) namun juga masyarakat umum,” papar Rina, kepada wartawan Jumat 13 Agustus 2021.

Yang paling dikagumi dari sosok Raja Pura Mangkunegaran itu, ungkap Rina, Gusti Djiwo, tak hanya sekedar memerintah. Namun, Raja yang dikenal karena ketampanannya ini, mau melakukan tindakan nyata dengan turun langsung ke bawah.

“Yang saya kagumi itu beliau tidak banyak ngendikan (memerintah) tapi langusung melakukan tindakan nyata. Dan itu bisa ditiru kita semua dan menjadi tauladan,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, dibawah pemerintahannya, Gusti Djiwo mampu membawa Mangkunegaran tentram dan tidak pernah sekalipun terdengar adannya huru hara. “Mangkunegaran itu kita lihat tidak pernah lihat huru-hara, adem, ayem, tentrem sejahtera. Itu karena sosok Gusti Djiwo yang ngayomi,”paparnya.

Masih lekat dalam ingatan Rina saat bertemu pertama kali dengan sosok penguasa Pura Mangkunegaran, saat dirinya mengikuti lomba menyanyi di Pura Mangkunegaran.

Sempat ada rasa takut saat pertama kali melihat kemegahan Pura Mangkunegaran. Namun, rasa takut itu sirna setelah mengetahui ternyata Pura Mangkunegaran tak sekaku yang dibayangkan.

“Awalnya mengira karena ada di lingkungan pura Mangkunegaran akan terlihat kaku dan tertutup. Namun ternyata sangat ramah, friendly sekali. Tetap dengan aura kewibawaanya yang tidak hilang,”ungkapnya.

Rina berharap Raja selanjutnya yang akan memimpin Pura Mangkunegaran tetap mewarisi apa yang telah dilakukan oleh Gusti Djiwo. “Semoga Raja selanjutnya seperti Gusti Djiwo. Ngayomi, semua masyarakat dan yang penting dekat dengan rakyatnya,”pungkasnya.

Seperti yang diberitakan, KGPAA Mangkunegara IX meninggal dunia di Jakarta pada Jumat 13 Agustus 2021 pukul 02.50 WIB karena sakit.

Dari keterangan Abdi Dalem Pariwisata Mas Ngabehi Wedono Pura Mangkungaran Joko Pramudyo, Jenazah KGPPA Mangkungaran akan diberangkatkan dari Jakarta sekira pukul 07.00 WIB melalui darat. Diperkirakan,jenazah akan tiba di Pura Mangkunegaran sekira pukul 11.30 WIB.

Salah satu kerabat Pura Mangkunegaran, RR Mayyasari Gondhodiwiryo mengatakan, KGPAA Mangkunegara IX meninggal dunia dikediaman pribadinya, Ndalem Tirtayasa, Jakarta. Almarhum meninggal karena terkena serangan jantung. Sebelum meninggal, Almarhum sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Rencana KGPAA Mangkunegara IX akan dimakamkan di pemakaman para raja Pura Mangkunegaran di Astana Giri Layu. Di komplek tersebut juga ada makaman KGPAA Mangkunegara IV, Mangkunegara V, Mangkunegara VII, dan Mangkunegara VIII dan keluarganya. (Sur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *