Gunakan Jurus Gerak Cepat, Persika Karanganyar Takhlukkan Persibas Banyumas 2-1

TEPIANINDONESIA.COM-KARANGANYAR-Keseruan laga antara Persika Karanganyar versus Persibas Banyumas yang berlangsung di Stadion Moch Soebroto, pukul 15.30 WIB, menjadi laga kedua serangkaian dengan kompetisi perdana di Grup D Liga 3 Jateng 2021, Senin (01/11/2021).

Sebagai informasi, di stadion yang sama hari itu juga, laga pertama Grup D Liga 3 Jateng 2021, telah mempertemukan PPSM Sakti Magelang melawan Persak Kebumen pukul 13.00 WIB, yang berakhir dengan skor 2 – 0 untuk kemenangan Persak Kebumen.

Laga antara Persika melawan Persibas berlangsung dengan ritme permainan cepat sejak peluit awal babak pertama ditiupkan.

Persika yang sudah tampak mendominasi permainan, berkali – kali melakukan tekanan ke jantung pertahanan lawan. Sedangkan Persibas yang bermain bertahan lebih menguatkan barisan pertahanan untuk menghalau serangan demi serangan.

Terjadi pelanggaran yang dilakukan pemain Persibas di menit ke-20, setelah dianggap menjatuhkan Bagus Prakoso di samping kanan gawang Persibas.

Penalti yang dihadiahkan oleh wasit, sempat membuka peluang bagi Persika untuk lebih lebih dahulu mencetak gol. Namun, tendangan penalti yang diambil oleh Dimas Adik Triwibowo masih dapat ditepis Wahyu Hidayat, penjaga gawang dari Persibas.

Hujan deras yang mengguyur gelanggang pertandingan sore itu, membuat pemain dari kedua tim kesebelasan harus berupaya keras beradaptasi dengan cuaca di medan yang basah.

Spekulasi untuk mencetak kemenangan di menit – menit akhir babak pertama, Persika melakukan penyegaran dengan pergantian pemain. Prasetyo Adi Nugroho pun masuk menggantikan Muhammad Arif.

Serangan yang dibangun masing – masing tim, belum juga membuahkan hasil. Hingga laga babak pertama usai, skor pertandingan masih tetap 0 – 0.

Pada babak kedua, Persika kembali mendapatkan peluang untuk merubah kedudukan lewat umpan tendangan bebas dari Alka Romadhoni. Kali ini, bola gagal dimanfaatkan oleh Wahyu Hidayat karena membentur ke mistar gawang Persibas.

Berbalik melakukan serangan, Persibas berhasil lebih dahulu merubah kedudukan menjadi 1 – 0, di menit ke-78 melalui eksekusi tendangan Danang Aryanto. Keunggulan Persibas tak berlangsung lama setelah berselang dua menit Persika meciptakan gol balasan dan menyamai kedudukan menjadi 1 – 1, lewat umpan bola pantul
yang disarangkan Muhammad Iqbal di menit ke-80.

Kembali melakukan penyegaran, Persika mengganti dua pemain dalam selang waktu yang tak berselang lama. Hafidh Rayhan Sulistiyo dan Soni Kurniawan masuk menggantikan Syafrudin Arr Razzaq dan Alka Romadhoni.

Serangan yang dibangun Persika kembali merubah kedudukan menjadi 2 – 1, setelah Fajar Setyoko menjebol gawang Persibas di menit pungkasan pertandingan babak kedua. Skor 2 -1 untuk kemenangan Persika, sekaligus mengakhiri kompetisi perdana Grup D Liga 3 Jateng 2021 pada sore itu.

Menilai hasil permainan anak asuhnya, Pelatih Kepala Persika Karanganyar, Beny Andriawan, mengatakan meskipun permainan yang dibangun para pemain Persika pada babak pertama gagal membuahkan gol, namun secara keseluruhan sudah cukup baik dan para pemain juga cepat beradaptasi dengan arena.

“Kemenangan ini menjadi modal awal bagi kami untuk menuju ke pertandingan selanjutnya pada 3 November melawan Persak Kebumen yang dihuni sejumlah pemain Pra PON Jawa Tengah,” jelas Beny Kingkong, sapaan Pelatih Kepala Persika itu kepada wartawan, usai pertandingan.

Sementara itu, menanggapi kekalahan melawan Persika pada laga itu, Pelatih Kepala Persibas Banyumas, Abda Ali, mengatakan sejak menit – menit awal babak pertama para pemain Persibas memang seringkali terlambat dalam merebut bola dari pemain lawan.

“Yang jelas saya melihat para pemain – pemain Persibas memang tertekan sejak menit – menit awal babak pertama, sehingga lawan memiliki lebih banyak peluang. Dengan kekalahan ini, pastinya kami akan melakukan evaluasi untuk memperbaiki permainan,” ungkap Abda Ali. (Sur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *