Berkat Upaya Pak Untung Ketika Menjabat Bupati Sragen, Warga Boyolayar Sumberlawang Panen Kelengkeng Melimpah

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Penduduk Desa Wisata Boyolayar, Kelurahan Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah saat ini tengah dilanda bahagia. Pasalnya, banyak masyarakat Boyolayar saat ini sedang panen raya buah kelengkeng.

Pantauan di lapangan, ribuan pohon kelengkeng yang berada di pedesaan pinggir Waduk Kedungombo (WKO) sedang puncak-puncaknya panen kelengkeng, terlihat pohon pohon kelengkeng telah berbuah lebab dan siap dijual belikan.

Usut punya usut, bibit pohon kelengkeng berbuah lebab dan buahnya yang sangat manis ini dahulunya berasal dari bupati Sragen Untung Wiyono sewaktu masih menjabat.

Informasi asal usul pohon kelengkeng di desa wisata Boyolayar ini dibenarkan oleh warga setempat, salah satunya Pak Edo (57), menurutnya bibit pohon kelengkeng di kampung Boyolayar berasal dari orang nomor satu di Sragen pada waktu itu.

“Saya punya sembilan pohon kelengkeng, dulu bibit pohon kelengkenh dikasih oleh pak bupati Untung Wiyono dulunya, sekarang beliau udah gak jadi bupati lagi,” kata Pak Edo, Senin 4 April 2022.

Menurut Pak Edo, ia masih ingat betul apa yang dilakukan pak Untung merubah nasib warga kampung Boyolayar dengan memberikan sebuah bibit pohon buah yang kelak akan berguna bagi anak cucu dimasa depan, apa yang direncanakan oleh Untung Wiyono, hari ini terwujud manis. Warga mampu menikmati hasil manis dari pohon kelengkeng yang dibagikan.

“Pak Untung terimakasih banyak, ini bibitnya sudah membuahkan hasil buat warga Boyolayar, intinya ini warga sudah panen berkali-kali kurang lebih 5 priode udah ada, bisa nambah penghasilan kami.
Saya sendiri dari 9 pohon kelengkeng itu bisa menghasilkan uang 7 juta rupiah tahun kemarin, kalau jualnya kita eceran 1 kg 13 ribu rupiah,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan oleh Narti (60) warga Boyolayar Rt 27, menurutnya ia sempat tak menyangka bibit pohon kelengkeng dari bupati Untung bisa berguna dimasa depan seperti saat ini, apa yang dijanjikan oleh Untung Wiyono saat itu bisa terwujud.

“Warga selain memangfaatkan hasil dari waduk kedung ombo, juga dapat penghasilan dari tegalan yakni jagung dan pisang lainnya, kini setalah warga bisa dapat penghasilan baru dari pohon kelengkeng pemberian bupati Sragen, terimakasih pak Untung kelengkeng sudah berbuah lagi,'” jelasnya.

Warga Boyolayar mayoritas penduduknya memiliki pohon kelengkeng di setiap lahan di samping rumah mereka, selain di depan rumah dan kebun samping rumah ternyata di sawah atau tegalan mereka juga ikut ditanami.

Setiap tahunnya, warga kampung Boyolayar berhasil panen puluhan kintal buah kelengkeng, tentu hal ini menjadi penghasilan tambahan bagi rumah tangga mereka masing masing.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Sri wahyuni (50) salah satu warga Boyolayar Rt 27. Saat ditemui Wartawan dirinya mengatakan bahwa bibit buah Klengkeng pertama kali mereka terima dari mantan Bupati Sragen Untung Wiyono.

“Ngeh allhamdulilah ini bibit buah kelengkeng dari pak Untung kini sudah pada berbuah manis, dan bisa di jual mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari – hari, harga kelengkeng perkg di boyolayar 14 sampai 15 ribu perkg,” bebernya.

Tidak hanya itu, Srijuga masih ingat betul pesan mantan Bupati Sragen yang masih selalu dia Ingat yakni, agar tanah – tanah warga di Boyolayar mampu menghasilkan sesuatu yang bisa di mangfaatkan dimasa depan nanti.

“Pesan pak untung dulu pas pembagian bibit klengkeng ini agar kelak bisa bermangfaat hingga anak cucu, hari ini kami menikmati hasilnya,”ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.