Pameran Lukis Tunggal di Pasar Klego, Pelukis Asal Boyolali Ki Djoko Sutedjo Edukasi Warga Mengenali Tokoh Wayang

TEPIANINDONESIA.COM-BOYOLALI-Pelukis Ki Djoko Sutedjo menggelar pameran tunggal di Pasar Klego, Kabupaten Boyolali, Jumat 27 Mei 2022. Kegiatan seni tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

Pelukis nyentrik nan kondang dari Dukuh Pelang, Desa Bade, Kecamatan Klego, masih aktif melukis meskipun sudah berusia senja. Dia mengaku tetap terus mendedikasikan diri hingga akhir hayat di dunia seni melukis. “Ini sebagai bentuk edukasi kepada warga mengenal tokoh wayang,” kata pelukis spesialis tokoh wayang ini.

Pelukis yang cukup produktif ini memamerkan lukisan yang berjudul “Pandawa Lima Pancasila” di halaman Pasar Klego. Pameran di pasar ikon tenggok yang melambangkan pasar untuk kegiatan masyarakat sekitar menggelar hasil bumi masyarakat setempat untuk dijual.

Ki Djoko banyak mendapatkan piagam penghargaan dari Muri (Museum Rekor Indonesia) tiga kali serta dari Lembaga Prestasi Indonesia dunia (LEPRID) dua kali. Dia tetap berkarya dengan salah satu tujuannya di momen ini mensosialisasikan tentang 1 Juni hari lahirnya Pancasila. “Pedagang dan pengunjung harus paham makna sila-sila Pancasila,” papar dia.

Menurut Ki Djoko, kegiatan ini sangat praktis ekonomis serta mengena. Seperti diketahui, pelukis Ki Djoko sangat peduli terhadap even-even nasional setiap 1 Juni dengan mengadakan pameran tunggal dan mengadakan lomba untuk anak-anak.

“Selama dua tahun belakangan para seniman khususnya pelukis tidak mengadakan kegiatan karena pandemi namun pelukis kita selalu aktif semangat mengadakan,” tandasnya. (Awan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.