JUMAT BERKAH: Komunitas Sahabat Dangkel Bagikan Bantuan Warga Kurang Mampu di Kedawung Sragen

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sahabat Dangkel, sebuah komunitas sosial di Sragen menggelar acara Jumat berkah pada Jumat 29 Juli 2022. Yakni dengan berbagi paket sembako dan uang tunai pada masyarakat kurang mampu di Dukuh Genggong, Desa Wonokerso, Kecamatan Kedawung, Sragen.

Paguyuban yang memiliki selogan “Wani Sosial Lan Rebutan Salah” nampak tengah sibuk dan berbaur bareng masyarakat di salah satu rumah warga yang dijadikan tempat acara sosial. Terlihat belasan anggota Sahabat Dangkel tengah membagikan sedikitnya 25 paket sembako dan uang tunai pada warga.

Paguyuban yang didirikan oleh seorang tokoh muda pegiat sosial asal Karang tengah, Sragen, Sri Wahyudi yang akrab disapa Dangkel memang sudah sering membuat kegiatan sosial membantu masyarakat miskin dan tidak mampu.

Sekretaris Sahabat Dangkel Agus Tinus Tribowo ditemui wartawan menyampaikan, bahwa kegiatan sosial dengan berbagi pada masyarakat kurang mampu di Sragen sudah lama dilakukan. “Paguyuban sahabat dangkel ini memang motonya sosial, makanya di barengkan di jumat berkah ini kita lakukan bersama anggota sahabat dangkel lainnya,” kata Agus.

Salin itu, menurut Agus sasaran kegiatan Sahabat Dangkel memang ditujakan pada warga miskin, janda janda miskin anak anak yatim. “Ini dilakukan rutin setiap satu bulan sekali di seluruh daerah di kabupaten Sragen dengan bersama iuran dana membantu sesama,” bebernya.

Sementara itu, Agus juga berharap dengan kegiatan ini akan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan dan membantu untuk kebutuhan beberapa hari ke depan. “Ya semoga bisa membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu, ada yang dari keluarga kurang mampu, anak yatim semoga bisa berguna dan bermanfaat,” jelasnya.

Sejak didirikan paguyuban Sahabat Dangkel, rupanya nimo warga untuk bergabung semakin banyak, hingga sejauh ini jumlah anggota paguyuban Sahabat Dangkel sudah mencapai ribuan dengan wilayah Sragen paling banyak yakni 1.300-an lebih.

Sahabat Dangkel diharapkan bisa menyatukan perbedaan dan menumbuhkan jiwa kepedulian sesama. Untuk menyatukan anggota, digelar pertemuan rutin dan arisan setiap sebulan sekali. Kemudian pertemuan akbar digelar setiap dua bulan sekali.

Mbah Yem (65) salah satu warga setempat yang menerima bantuan paket sembako dan uang tunai menyampaikan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya. “Alhamdulillah senang sekali dapat bantuan sembako dan uang dari Pak Dangkel,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.