Percikan Api Diduga Picu Kebakaran Pabrik Pengolahan Kayu di Kalijambe Sragen

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Pabrik pengolahan kayu di Desa Banaran, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, terbakar pada Senin 12 September 2022. Penyebab kebakaran ini diduga gara-gara percikan api las saat perbaikan mesin.

Pabrik pengolahan kayu milik Suprapto (58), diketahui saat para pekerja masuk dan mulai beraktivitas. Sumber api diperkirakan berasal dari percikan api alat las tersebut sudah tercium oleh warga sekitar sejak minggu malam.

Akhirnya, kecurigaan warga mulai terbukti sejak senin pagi terlihat bagian belakang pabrik timbul api dan asap tebal dan membuat heboh warga sekitar. Widodo (59), salah satu warga sekitar ditemui wartawan di lokasi kebaran mengatakan bahwa sejak minggu malam warga sudah mencium bau yang tidak sedap mirip kayu terbakar.

“Iya saya tadi malam disitu di kolam joglo jam 10 mencium kayak batok terbakar, eh malah yang terbakar pabrik ini,” kata Widodo.

Selain itu, Widodo juga mengatakan bahwa sebelumnya memang pabrik tersebut ada aktifitas pengelasan dan perbaikan disekitar mesin produksi pengolahan kayu tersebut. “Iya infonya ada pengelasan, mungkin saja percikan apinya itu jatuh disitu, jatuh disekam kayu lama lama kan akhirnya terbakar,” bebernya.

Akibat kejadian itu, 5 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian, api diperkirakan berhasil dijinakan sekitar 2 jam, tidak ada korban jiwa dalam kejadian, sementara untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta, yakni meliputi mesin produksi briket rusak sebagian rusak, bahan briket dan sebagian briket yang sudah terbakar.

Ihsan (35), anak pemilik pabrik ditemui wartawan di lokasi kejadian membenarkan adanya kebakaran di dekat mesin produksi. “Iya kemukinan api sejak sore, taunya pas para pekerja saat hendak mulai masuk kerja,”ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.