Sajikan 100 Tumpeng Nasi Kuning, Praja Kabupaten Sragen Gelar Tasyakuran Atas Pergantian Sekda

TEPIANINDONESIA.COM-SRAGEN-Sebanyak 734 perangkat desa se-Kabupaten Sragen yang tergabung dalam Paguyuban Perangkat Desa (Praja) menggelar acara tasyakuran Sabtu 12 November 2022. Kegiatan dengan menyajikan 100 tumpeng ini dalam rangka pergantian Sekda Sragen Tatag Prabawanto digantikan oleh Hargiyanto.

Bahkan, mereka juga memasang tulisan MMT dengan tulisan. “Semoga sekda yang baru dapat membuat ayom dan ayem perangkat desa Sragen, perangkat desa Sragen siap menyongsong perubahan,”. Acara yang digelar di Gedung IPHI Sragen tersebut diisi dengan beberapa sambutan dari pengurus praja.

Ketua Praja Kabupaten Sragen Sumanto mengatakan, acara tersebut dihadiri seluruh perangkat desa di Sragen. “Sesuai dengan yang ada, itukan ada tulisan tasyakuran atas pergantian sekda Sragen dengan harapan sekda yang baru bisa melayani dan mengayomi perangkat desa begitu,” terangnya.

Dia pun tidak bicara tentang Sekda Tatag. Dia hanya berbicara sekda yang baru. “Yang lama saya tidak mau berkomentar,” kata Sumanto.

Sumanto berharap, sekda yang baru mempu mengayomi atau berpihak pada para perangkat desa, terutama tentang aset desa. “Kayak kalau ada perubahan mbok ya kita diajak dilibatkan sehingga kita ngerti dan ngak ada gejolak di belakang hari, yang di sragen saat ini yang krusial perbup tentang aset desa, perbup tahun 2022 ini, secara garis besar perbup ini harus direvisi karena banyak hal yang harus diperbaharui,” bebernya.

Menurut Sumanto, bengkok selama ini sudah melekat, sesuai undang undang desa, bahkan sejak zaman nenek moyang bengkok sudah melekat. “Jadi nyuwun sewu sebelum ada undang undang ini PP udah berlaku dan perangkat desa nyaman tapi ujuk-ujuk ada pertentangan dengan perbup tentang kedudukan perangkat desa, itu bengkok dikelola atau bahasa di SK pengelolaan, tidak dilelang atau sewa ditanduri dewe oleh asal waktu ngak lebih 1 tahun,” jelasnya.

Hingga pergantian sekda baru ini pihak praja juga belum berkomunikasi, dalam waktu dekat ini praja akan menemui sekda Hargiyanto. “Belum ada komunikasi dengan sekda baru, rekomendasi pertmuan ini kita akan buat surat dan akan memberikan pada bupati untuk minta revisi,” ujarnya. (Huriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *